arkarim

Pusat Informasi Budidaya Dan Beternak Terlengkap

Tuesday, April 12, 2016

3 Cara Mudah Menjinakkan Kacer yang Liar atau Terlalu Giras

3 Cara mudah menjinakkan Kacer yang Liar atau Terlalu Giras - Dalam kasus tertentu, tidak jarang kita menemui burung Kacer (Kucica Kampung) yang terlalu giras atau pun liar. Burung Kacer seperti ini biasanya merupakan burung Kacer yang didapatkan dari hasil tangkapan di alam liar atau pun burung kacer hasil penangkaran yang memang tidak pernah berinteraksi dengan manusia sama sekali.
3 Cara mudah menjinakkan Kacer yang Liar atau Terlalu Giras

Burung Kacer yang liar atau terlalu giras biasanya agak sedikit lebih sulit untuk dipelihara. Burung Kacer seperti ini normalnya akan sangat sulit untuk dilatih menjadi burung Kacer Gacor, sulit untuk dimandikan, dan dalam kondisi yang parah biasanya akan lebih mudah mengalami stress atau pun depresi ketika dihadapkan dengan banyak orang secara langsung atau tiba – tiba.

Nah, untuk Anda yang sering menemui atau pun memiliki burung Kacer yang liar atau terlalu giras, berikut merupakan 3 cara mudah menjinakkan kacer yang liar atau terlalu giras :


3 Cara Mudah Menjinakkan Kacer yang Liar atau Terlalu Giras

Letakkan Kacer di Lingkungan yang Ramai / Banyak Dilalui Orang
Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk menjinakkan burung Kacer liar / terlalu giras adalah dengan meletakkannya di lingkungan / tempat yang ramai / banyak dilalui banyak orang. Cara ini pada dasarnya dilakukan untuk melatih tingkat adaptasi Kacer terhadap lingkungan baru yang banyak ditinggali oleh manusia. Untuk menerapkan cara ini, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini :
  • Letakkan kacer di kandang, lalu tutupi kandangnya dengan kerudung / kain penutup yang tipis;
  • Keluarkan Kacer di pagi hari, lalu letakkan di tempat yang ramai dilewati oleh banyak orang seperti di depan rumah, di teras rumah, dan di tempat – tempat ramai yang lainnya;
  • Lakukan terus poin nomer dua selama lebih kurang 1 minggu sembari terus menurunkan ketinggian posisi kandang Kacer setiap harinya;
  • Setelah 1 minggu, perhatikan gerak – gerik Kacer, jika Kacer sudah tidak lagi ketakutan / kelabakan saat melihat manusia, Anda dapat langsung membuka kerudung kandangnya.

Mandikan Kacer hingga Benar – benar Basah / Basah Kuyup
Cara ke dua yang juga tidak kalah ampuh untuk menjinakkan burung kacer yang liar atau pun terlalu giras adalah dengan memandikannya hingga benar – benar basah / basah kuyup. Burung kacer merupakan spesies burung yang sangat suka bermain air. Ketika bermain air, normalnya burung kacer akan jauh lebih tenang atau pun tidak kelabakan. Sehingga, untuk membuatnya merasa nyaman / aman meskipun tinggal di kandang yang banyak dilalui oleh manusia, Anda dapat melatihnya dengan jalan memandikannya hingga basah kuyup setiap hari.

Mandikan Kacer Menggunakan Air Pare
Cara terakhir yang juga sangat ampuh untuk menjinakkan kacer yang terlampau giras / liar adalah dengan memandikan kacer menggunakan air pare. Dibandingkan dengan dua cara yang sebelumnya, cara yang terakhir ini tergolong cukup langka / jarang dilakukan oleh pemilik kacer. Meskipun begitu, banyak orang yang mengatakan jika cara ini merupakan cara yang sangat ampuh untuk menjinakkan kacer.

Proses memandikan burung kacer dengan menggunakan air pare sendiri pada dasarnya hampir sama dengan proses memandikan burung kacer biasa. Hanya saja, air yang digunakan adalah air pare.

3 cara mudah menjinakkan Kacer yang liar atau terlalu giras

Nah, itulah 3 cara mudah menjinakkan Kacer yang liar atau terlalu giras. Perlu diketahui, pada kasus tertentu, terkadang ada burung Kacer liar yang membutuhkan waktu penjinakan yang agak sedikit lama atau bahkan tidak dapat dijinakkan sema sekali. Oleh karena itu, jangan heran jika Anda menemui burung kacer yang seperti ini ya!

Back To Top