arkarim

Pusat Informasi Budidaya Dan Beternak Terlengkap

Monday, April 18, 2016

Cara Memandikan dan Menjemur Kacer yang Benar

Cara memandikan dan menjemur Kacer yang benar merupakan salah satu dari sekian banyak aktivitas perawatan yang harus dilakukan oleh setiap pemilik / pemelihara burung Kacer. Bagi para pecinta burung yang sudah berpengalaman mengurusi burung Kacer, memandikan dan menjemur Kacer tentu sudah tidak asing dan tidak sulit lagi bagi mereka. Akan tetapi, bagi para pecinta burung kacer yang masih baru / pemula, memandikan dan menjemur kacer tentu masih agak sedikit asing dan juga sulit untuk dilakukan.

 

Nah, bagi Anda yang hingga saat ini masih sering mengalami kesulitan dalam memandikan dan juga menjemur kacer, berikut merupakan sedikit ringkasan mengenai cara memandikan dan menjemur kacer yang benar dapat Anda jadikan sebagai panduan :

Cara Memandikan Kacer yang Benar dan Baik
  1. Burung kacer sebaiknya dimandikan setidaknya 3 kali dali dalam seminggu. 
  2. Waktu terbaik yang bisa dimanfaatkan untuk memandikan kacer adalah pada pagi hari sebelum pukul 10 pagi dan pada waktu sore setelah pukul 4 sore.
  3. Sebelum kacer dimandikan, sebaiknya burung kacer diangin – anginkan terlebih dahulu selama kurang lebih 15 hingga 30 menit; 
  4. Jika proses pengangonan sudah selesai dilaksanakan, selanjutnya Anda dapat langsung memulai aktivitas memandikan kacer. Ada dua cara atau pun metode yang bisa diterapkan untuk memandikan burung kacer yaitu dengan menggunakan kandang keramba mandi khusus untuk burung dan dengan menyemproti burung kacer dengan menggunakan spray. 
  5. Jika Anda memiliki kandang keramba, untuk memandikan burung kacer, Anda hanya perlu memindakan burung kacer peliharaan Anda dari kandannya ke kandang keramba tempat mandi yang Anda miliki. Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu burung kacer peliharaan Anda mandi dan bermain air sesuka hatinya. 
  6. Namun jika Anda tidak memiliki kandang keramba khusus untuk mandi burung atau burung kacer peliharaan Anda tidak mau mandi di keramba, Anda dapat menggunakan alat spray untuk memandikan kacer secara manual. Perlu diketahui, dalam memandikan kacer menggunakan alat spray, Anda sebaiknya tidak menyemprot bagian mata burung kacer peliharaan Anda. Hal ini perlu dilakukan agar burung kacer Anda tidak kaget atau pun panik ketika bagian matanya tersemprot. 
  7. Jika proses memandikan burung kacer dirasa sudah cukup, Anda dapat kembali memindahkannya ke kandang biasa, lalu mengangin – anginkannya selama kurang lebih 10 menit sebelum dijemur.
Cara Memandikan dan Menjemur Kacer yang Benar

Cara Menjemur Kacer yang Baik dan Benar
  1. Burung kacer sebaiknya dijemur setidaknya satu kali dalam sehari; 
  2. Interval waktu penjemuran yang paling bagus adalah sekitar 1 hingga 2 jam saja; 
  3. Waktu penjemuran yang paling bagus sendiri adalah pada pagi hari sebelum pukul 10 pagi dan pada sore hari setelah pukul 4 sore; 
  4. Jika Anda juga ingin memandikan burung kacer, maka proses penjemuran sebaiknya dilakukan setelah proses memandikan burung kacer selesai; 
  5. Ingat!, untuk menghindari terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan, pastikan lokasi penjemuran burung kacer benar – benar aman dari berbagai macam gangguan atau pun hambatan yang mungkin terjadi seperti tiang jemuran patah, serangan hewah lain seperti kucing, ular, atau pun anjing, dll.

Itulah langkah - langkah cara memandikan dan menjemur Kacer yang benar dan baik. Perlu diketahui, memandikan dan menjemur kacer memang sangat penting untuk dilakukan. Akan tetapi, jika dilakukan secara berlebihan atau pun dengan cara yang salah, dua aktivitas pemeliharaan yang sangat penting ini dapat menyebabkan dampak negatif terhadap burung Kacer peliharaan Anda. Oleh karena itu, jangan pernah memandikan dan menjemur kacer secara berlebihan atau pun dengan cara yang salah ya!

Back To Top