arkarim

Pusat Informasi Budidaya Dan Beternak Terlengkap

Sunday, April 24, 2016

Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Kacer yang Serak

Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Kacer yang Serak | arkarim.blogspot.com – Sama seperti halnya manusia, dalam kondisi tertentu, burung kacer terkadang juga bisa mengalami serak atau pun kehilangan suara. Ketika burung kacer mengalami serak / kehilangan suara, burung kacer biasanya akan kesulitan berkicau dan suara kicauannya biasanya akan terdengar kecil, tidak nyaring, tiak keras, dan kualitas gacor yang dikicaukannya pun tidak begitu bagus.

Tidak jauh berbeda dengan serak yang terjadi pada manusia, serak pada burung kacer ternyata juga bisa disebabkan oleh banyak hal. Dan proses penyembuhan serak ini juga sangat bergantung kepada penyebab terjadinya serak tersebut.

Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Kacer yang Serak

Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Kacer yang Serak

Secara umum, ada empat penyebab utama yang sering menyebabkan burung kacer menjadi serak, yaitu :

Sirkulasi Udara di Sekitar Kandang Kacer yang Buruk

Penyebab pertama yang bisa membuat burung kacer menjadi serak adalah buruknya sirkulasi udara yang ada di sekitar tempat tinggal / kandang burung kacer. Sirkulasi udara yang buruk di sekitar kandang burung kacer dapat mengakibatkan burung kacer menjadi sesak nafas. Ketika sesak nafas terjadi, normalnya burung kacer pasti tidak akan mampu berkicau seperti biasanya. Untuk mengatasi hal ini, Anda hanya perlu mengistirahatkan burung kacer. Selain itu, agar proses pengistirahatan burung kacer bisa berjalan dengan lebih baik, Anda juga harus mengatasi masalah buruknya sirkulasi udara di sekitar kandang kacer dan juga membuat suasana di sekitar kandang kacer menjadi lebih kondusif, dan juga nyaman untuk ditinggali.

Penjemuran yang Terlampau Lama atau pun Dilakukan di Waktu yang Salah

Penyebab kedua yang juga bisa membuat kacer menjadi serak adalah aktivitas penjemuran kacer yang terlalu lama atau pun dilakukan di waktu yang salah. Seperti yang kita ketahui bersama, penjemuran merupakan salah satu aktivitas perawatan pentin yang harus dilakukan oleh pemelihara burung kacer. Nah, jika dilakukan terlalu lama (lebih dari 3 jam) atau pun di waktu yang salah (di atas pukul 10 pagi dan di bawah pukul 4 sore), aktivitas penjemuran ini bisa menyebabkan kacer menjadi serak loh. Untuk mengatasi serak yang terjadi karena aktivitas penjemuran yang salah ini, Anda sebaiknya mempersingkat dan juga mengganti jadwal penjemuran burung kacer Anda.

Kesalahan Pemberian Bahan Makanan

Penyebab ke tiga yang juga sering menyebabkan kacer menjadi serak adalah kesalahan pemberian bahan makanan. Beberapa bahan makanan seperti voer yang sudah kadaluarsa dan juga kroto yang sudah basi sering kali menyebabkan kacer menjadi serak. Nah, untuk mengatasi hal ini, Anda dapat memberi air puti yang bersih dan sehat kepada burung kacer peliharaan Anda. Selain itu, Anda sebaiknya juga segera mengganti bahan pakan burung kacer Anda dengan bahan pakan baru yang lebih sehat.

Suara Kacer yang Terlalu Sering Ditrek

Penyebab terakhir yang juga bisa menyebabkan kacer menjadi serak adalah terlalu seringnya kacer ditrek baik untuk latihan atau pun untuk kontes. Untuk mengatasi hal ini, Anda hanya perlu mengistirahatkan kacer Anda sembari memberinya bahan makanan yang sehat dan bergizi.

Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi suara kacer yang serak yang bisa Anda terapkan pada burung kacer peliharaan Anda. Perlu diketahui, meskipun suara kacer yang serak pada dasarnya bisa diobati atau pun diatasi, akan tetapi sebisa mungkin, Anda sebaiknya menghindari terjadinya serak pada suara burung kacer Anda. Hal ini dikarenakan, dalam kondisi tertentu, suara burung kacer yang serak terkadang tidak dapat diatasi dengan cara apa pun. Baca juga Teknik dan Cara Melatih Kicau Kacer agar suara terbaik kacer bisa keluar dan tetap terjaga kualitasnya. Semoga bermanfaat ya!

Back To Top