arkarim

Pusat Informasi Budidaya Dan Beternak Terlengkap

Saturday, April 2, 2016

Teknik dan Cara Melatih Kicau Kacer yang Baik dan Benar

Cara melatih kicau kacer itu susah – susah gampang. Bagi yang sudah berpengalaman mengurusi burung Kacer, melatih kicau kacer tentunya bukan merupakan perihal yang sulit. Namun, bagi yang baru pertama kali mengurusi burung Kacer, aktivitas melatih kicau kacer tentunya merupakan perihal yang sangat sulit.

Nah, bagi Anda yang sedang berusaha melatih kicau Kacer, betikut merupakan beberapa panduan teknik dan cara melatih kicau kacer yang bisa Anda coba praktikkan di rumah :

Cara Melatih Kicau Kacer

Panduan Singkat Cara Melatih Kicau Kacer yang Baik dan Benar

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Kacer
Hal pertama sekaligus terpenting yang harus Anda lakukan untuk melatih kicau Kacer adalah memenuhi semua kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh burung Kacer. Seperti yang kita ketahui bersama, untuk bisa hidup dan tumbuh dengan sehat, burung Kacer membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap. Dengan makanan seadanya, burung kacer Anda mungkin sudah bisa bertahan hidup, namun kicauannya pasti tidak akan optimal. Hal ini dikarenakan makanan biasa pasti belum memenuhi semua kebutuhan nutrisi burung kacer.

Maka dari itu, jika Anda ingin memiliki burung Kacer yang bisa berikicau dengan merdu, Anda harus memenuhi semua kebutuhan nutrisi burung Kacer dengan jalan memberinya berbagai jenis bahan makanan tambahan seperti : kroto, cacing tanah, jangkrik, telur semut, vitamin burung, dll.

Manfaatkan Sifat Alami Kacer
Tips ke dua yang bisa Anda terapkan dalam melatih kicau Kacer adalah dengan memanfaatkan sifat alami yang dimilikinya. Seperti yang kita ketahui bersama, beberapa spesies burung Kacer seperti Kacer Poci dan Kacer Jawa memiliki sifat alami yang dapat meniru suara burung lainnya. Nah, dengan memanfaatkan kemampuan alami Kacer ini, Anda dapat melatih kicau Kacer Anda dengan jalan menyandingkannya dengan berbagai spesies burung lainnya yang juga memiliki kicauan yang bagus.

Manfaatkan Teknologi
“Wah, berarti kalau kita ingin melatih kicau kacer dengan memanfaatkan sifat alaminya, kita harus memiliki banyak spesies burung kicau dong? Soalnya kan melatihnya harus disandingkan dengan spesies burung lain yang memiliki kicauan yang bagus..”. Pada dasarnya untuk memanfaatkan sifat alami burung kacer yang dapat meniru kicauan burung lain tidak harus menggunakan spesies burung lain yang asli kok. Menggunakan burung asli memang sangat bagus, namun biaya yang dibutuhkan pasti jauh lebih besar.

Ada banyak jalan yang bisa ditempuh untuk mengakali permasalahan ini, seperti salah satunya adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Saat ini, ada banyak sekali rekaman kicauan spesies burung yang telah diuplod ke internet dan dapat diunduh secara gratis. Nah, dengan memanfaatkan file rekaman kicau burung lain ini, Anda dapat melatih kicau Kacer Anda dengan lebih mudah dan tentunya juga lebih murah.

Manfaatkan Kontes Pertandingan Kicau Kacer
Tips terakhir yang juga tidak kalah ampuh untuk melatih kicau Kacer adalah dengan memanfaatkan kontes pertandingan kicau Kacer. Seperti yang kita ketahui bersama, di kontes pertandingan kicau Kacer, akan ada banyak burung Kacer berkualitas yang ikut meramaikan pagelaran kontes tersebut. Nah, di pagelaran ini, Anda dapat mengambil keuntungan dengan jalan mengikuti kontes untuk sekedar menyandingkan Kacer Anda dengan Kacer lain yang memiliki kicauan yang merdu. Dengan cara ini, dipastikan kicauan kacer Anda akan semakin bagus. Hal ini dikarenakan, burung Kacer memiliki sifat peniru dan juga sifat tidak mau kalah, sehingga ia akan termotivasi untuk berkicau sebagus mungkin jika mendengar kicauan kacer yang lebih bagus dari kicauannya.


Itulah sedikit informasi mengenai teknik dan cara melatih kicau Kacer yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

Back To Top